Tinjau Lokasi Bencana Puting Beliung, Pemkab Pesawaran Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak di Desa Pejambon

Pesawaran, – Pemerintah Kabupaten Pesawaran berikan bantuan pasca bencana puting beliung kepada warga Dusun 4, Desa Pejambon, Kecamatan Negeri Katon pada Senin, (30/09/2024). Bantuan ini disalurkan kepada 24 rumah yang terdampak akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi pada Minggu, (29/09/2024) lalu. Kunjungan ini juga bertujuan untuk meninjau dampak kerusakan rumah warga akibat angin puting beliung.


Camat Negeri Katon Enggo Pratama menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten telah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Bantuan tersebut berupa beras, air mineral, dan mie instan serta bantuan perbaikan rumah.

“Bantuan dari Pemerintah Daerah sudah diserahkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan bantuan untuk rumah-rumah warga yang rusak dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Alhamdulillah bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi warga yang terdampak,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, bencana ini diawali dengan terjadinya hujan deras disertai angin kencang sekitar pukul 14.00-15.00 WIB. Bencana ini menyebabkan kerusakan dengan kategori rusak ringan dan rusak sedang. Sebagian besar kerusakan rumah warga berupa atap genteng yang terbang akibat terjangan angin kencang, sementara beberapa rumah lainnya terkena dampak pohon tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sopyan Agani menyampaikan bahwa sudah 85% dari rumah-rumah yang rusak telah berhasil diperbaiki melalui kerja bakti dan gotong royong masyarakat.

“Bencana ini memang tidak bisa dihindari, namun saya berharap agar warga selalu waspada dan tanggap jika terjadi bencana serupa. Saya juga mengapresiasi peran masyarakat yang bergotong royong serta Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam membantu warga yang terdampak,” ujar Sopyan dalam acara peninjauan bencana puting beliung di Desa Pejambon, Kecamatan Negeri Katon.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang ikut serta dalam acara pemberian bantuan dan peninjauan tersebut menyampaikan rasa prihatinnya terhadap bencana yang terjadi.

“Kami turut prihatin atas bencana ini, dan semoga ada hikmah di balik semua ini. Yang terpenting saya berharap agar warga yang terdampak tetap dalam keadaan baik-baik saja. Mari kita benahi bersama dengan dukungan dari swadaya masyarakat, serta bantuan dari pemerintah daerah dan BAZNAS,” ujar Bupati Dendi.

Post a Comment

Previous Post Next Post