Pjs Walikota Metro pimpin apel, tekankan netralitas ASN




Descatama Paksi Moeda selaku pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Metro secara perdana memimpin apel pagi di halaman Kantor Pemerintah Daerah Kota Metro, Senin 30/09/2024.

Dalam kesempatan ini, Descatama Paksi Moeda menyampaikan beberapa hal termasuk netralitas ASN pada pilkada tahun ini.

“Sesuai dengan tugas saya, selaku pejabat sementara Wali Kota Metro, bahwa kondisi Kota Metro terkait dengan keamanan dan ketertiban itu adalah salah satu prioritas yang harus dijaga terkait dengan bahwa di dalam dua bulan lagi akan ada sebuah hajat yaitu Pilkada, saya tidak ingin ada persoalan-persoalan di Kota Metro ini sehingga menyebabkan kondisi masyarakat itu terganggu,” paparnya.


Ia mengharapkan dukungan seluruhnya dari tingkat pejabat tinggi sampai ke staff di Pemkot untuk dapat memberikan kinerja atau kontribusi yang terbaik sehingga kondisi Kota Metro ini dapat sesuai dengan apa yang menjadi keinginan masyarakat yang ada di Kota Metro.

Saat memberikan arahan pada apel pagi, Descatama juga menjelaskan bahwa isu yang sangat menjadi strategis sekarang yaitu terkait dengan neutralitas ASN. Aturan-aturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada, otomatis secara berjenjang akan diberikan oleh pejabat tinggi, dari pengetahuan sekedar asisten sampai ke kepala bagian.

Descatama menegaskan kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungannya agar tetap menjaga netralitas selama masa Pilkada. Menurut pernyataan dari salah satu pejabat Pemkot, ASN diimbau untuk memahami posisi mereka dalam situasi politik saat ini, terutama ketika terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan calon kepala daerah.

“ASN harus betul-betul tahu di mana posisi mereka. Kalau ada kegiatan yang berkaitan dengan salah satu peserta Pilkada, kita harus sangat berhati-hati,” ujar Descatama saat memberikan pengarahan kepada staff.

Ia juga menekankan bahwa dengan perkembangan media yang begitu pesat, situasi sekarang jauh berbeda dibandingkan lima tahun yang lalu.

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa ketidaktahuan akan aturan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, para ASN diharapkan untuk saling menjaga satu sama lain agar tidak terlibat dalam masalah politik. “Jagain temannya, jagain pimpinannya, itu mulai dari bawah,” tambahnya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa soliditas dan kekompakan di lingkungan Pemkot Metro sangat diperlukan agar pemerintahan dapat terus berjalan dengan baik. “Yang berkontestasi silakan saja, tapi tidak boleh mengganggu tugas kita sebagai ASN,” tegasnya.

Di akhir pernyataannya, pejabat tersebut berharap agar dalam dua bulan ke depan seluruh ASN memberikan kinerja terbaik demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kota Metro.

Post a Comment

Previous Post Next Post