Sepulang Hadiri Sosialisasi Calon Bupati, 3 Orang Warga Lamsel Alami Luka Setelah Angkot Ditumpanginya Terbakar



KALIANDA – Tiga orang warga masing-masing RA, RP dan T dilaporkan mengalami luka bakar setelah kendaraan angkot yang ditumpanginya dari menghadiri sosialisasi salah satu bakal calon hangus terbakar di depan SMA Kebangsaan Jalinsum Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan pada Kamis malam 5 September 2024 sekitar pukul 21.45 WIB.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, angkot tersebut memang merupakan kendaraan carteran antar jemput 11 penumpang yang sengaja disewa untuk menghadiri kegiatan sosialisasi pencalonan menantu dari Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan. Setiap warga yang hadir dibekali sejumlah oleh-oleh berupa minyak goreng kemasan.

“Angkot itu hendak jalan pulang, namun tepat di depan pintu keluar SMA Kebangsaan, kendaraan tersebut mengalami konsleting pada bagian depan kiri kap mesin yang menimbulkan percikan api dan ledakan. Kemudian api membesar dan membakar kendaraan tersebut hingga hangus,” ujar keterangan seorang warga, Jumat 6 September 2024.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun demikian, ada sejumlah penumpang yang mengalami luka bakar dan sebanyak 130 botol minyak goreng ukuran 1 liter oleh-oleh dari dari Mendag Zulhas karena menghadiri sosialisasi turut terpanggang oleh kobaran api.

“Alhamdulillah gak ada kalau korban jiwa, tapi ada beberapa penumpang sempat di bawa ke Puskesmas karena luka bakar. Sama juga dengan minyak goreng, belum sempat dipake buat masak malah ikutan terbakar juga,” imbuh dia seraya mewanti-wanti supaya namanya jangan disebut.

Sementara, Kabid Pemadam Kebakaran dan
Penyelamatan (Damkarmat) Dinas
Damkarmat Lampung Selatan, Ruly
Fikriansyah, membenarkan peristiwa itu. Menurut dia, dugaan awal terjadinya kebakaran kendaraan dengan nomor polisi BE 2459 DU warna kuning tersebut karena korsleting sistem kelistrikan.

“Siap, memang benar telah terjadi kebakaran sebuah mobil angkutan umum di depan SMA
Kebangsaan di Desa Sukabaru,
Kecamatan Penengahan. Diduga akibat korsleting kelistrikan,” kata Ruly seraya mengatakan kendaraan tersebut dikendarai oleh RA warga Desa Maja Kecamatan Kalianda, saat dihubungi Jumat

Jelang Pilkada, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan Rajin ke Lampung Selatan

Jelang pemilihan kepala daerah serentak Lampung Selatan 27 November 2024, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan kerap ke Lampung Selatan. Dengan kemasan kegiatan Sosialisasi Kecintaan Produk Dalam Negeri, Ketua Umum PAN tersebut rajin ke sejumlah sekolah tingkat atas di Lampung Selatan. Bahkan tak jarang, sejumlah perusahaan di Lampung Selatan pun turut disambanginya.

Menariknya, setelah melakukan kegiatan kedinasan, kegiatan Zulhas dikabarkan ditutup dengan kegiatan sosialisasi pencalonan suami dari putri keduanya Zita Anjani. Seperti kemarin, kegiatan kedinasan ditutup dengan suport menantunya tersebut dalam pilkada Lampung Selatan 2024 dengan bagi-bagi minyak goreng kemasan di SMA Kebangsaan yang notabene Zulhas sebagai pemilik dan menantunya itu sebagai pengelola.

“Setiap orang 1 (Dus). Kalau 100 berapa, 10. Jadi kamu gak perlu capek-capek manggil ratusan orang, manggil 10 orang aja kan. Ini 10 orang ambil 10 dus minyak (Goreng), dia yang bagi,” sebut Zulhas dalam sebuah potongan video pada kegiatan sosialisasi pencalonan menantunya tersebut di aula pertemuan SMA Kebangsaan, Kamis sore 5 September 2024.

Sementara, pihak Bawaslu Lampung Selatan belum merespon saat dimintai tanggapannya, baik Ketua Bawaslu Wazaki maupun komisioner Bawaslu Khoirul Anam dihubungi melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, meski pesan yang dikirim dengan tanda terkirim namun tidak direspon.

Post a Comment

Previous Post Next Post