Pj Bupati Nukman Semarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesi Ke 79 Tingkat Lampung Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman M.M menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Lampung Barat dengan mengikuti seluruh rangkain kegiatan.



Rangkaian peringatan hari ulang tahun ke 79 tahun 2024 kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah selesai. Dikemas dengan cukup meriah dan bermakna.

Dimulai dari pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sebanyak 50 orang, dalam kesempatan itu Nukman meminta para angga Paskibraka yang telah dikukuhkan agar menjaga jiwa nasionalisme, patrionalisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang telah terbentuk dan dapat di inplementasikan pada kehidupan sehari-hari.

"Sebagai putra-putri Indonesia terpilih kalian harus mampu memberikan energi positif terhadap generasi muda lainnya serta masyarakat," pintanya.

"Harus mampu menunjukan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi," sambungnya.

Kemudian dilanjutkan perlombaan tradisional diantaranya balap karung, cukut undom, terompah panjang, memasukkan paku dalam botol yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, dikatakan pria yang biasa disapa Udo Nukman hal itu dilakukan salah satu upaya untuk menggali, mempelajari dan melestarikan permainan-permainan tradisional yang saat ini sudah mulai pudar.

"Setiap tahun Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar perlombaan-perlombaan tradisional tujuannya untuk mempertahankan warisan nenek moyang. Dizaman yang semakin moderent seperti saat ini perlombaan tradisional mulai kurang digemari," tuturnya.

Lalu, apel kehormatan dan renungan suci di makam pahlawan Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Nukman berharap renungan suci tersebut dapat menjadi pemicu untuk menjadikan semangat baru dalam kelanjutan perjuangan.

Kemudian, dihari Sabtu (17/8/2024) merupakan puncak acara, seluruh elemen yang terlibat dalam perayaan HUT kemerdekaan RI sudah sibuk sedari pagi untuk mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih yang berlangsung di Lapangan Indrapati Cakranegara lingkungan perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat.

Bertindak selaku Inspektur upacara penaikan Bendera Merah Putih Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M, sementara ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat bertugas membacakan naskah Proklamasi. Diikuti oleh Forkopimda, Ketua TP PKK Dra. Zelda Naturi Nukman, Pj Sekda Drs. Adi Utama, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Camat, perwakilan dari berbagai ormas dan siswa-siswi.



Usai upacara kenaikan bendera Merah Putih, Pj Bupati Lampung Barat bersama Forkopimda menyaksikan detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka secara virtual, dilanjutkan ramah tamah kepada legiun vetran sekaligus pemberian tali asih kepada legiun vetran.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Lampung Barat mengatakan peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI selain peringatan seremonial yang dilakukan secara rutin, juga merupakan sumber semangat, motivasi dan kekuatan bagi bangsa dalam mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Menurutnya, persembahan dari para pahlawan yang telah berjuang membela Negara Kesatuan RI merupakan perjuangan yang tidak ternilai harganya bagi seluruh bangsa Indonesia.

Dengan tegas Nukman mengatakan semangat patriotisme harus terus ditanamkan dalam diri untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.

"Perjuangan zaman dulu dengan zaman sekarang berbeda. Jika perjuangan zaman dulu adalah dengan mempertaruhkan nyawa untuk menjaga kedaulatan NKRI sekarang perjuangan generasi penerus adalah dengan mengisi kemerdekaan untuk kesejahteraan rakyat," kata dia.

Dirinya menyatakan komitmen untuk terus bekerja keras, sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pejuang, yakni dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Lampung Barat.

"Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pejuang veteran yang telah berjuang untuk menjaga tanah air kita hingga bisa mencapai kemerdekaan," ucapnya.

Sebagai generasi penerus Nukman mengajak untuk terus memberikan penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur membela tanah air dengan mempertaruhkan segalanya untuk tanah air tercinta.

Usai ramah tamah dengan legiun veteran, Pj Bupati Lampung Barat bersama Forkompimda melakukan upacara kehormatan dan ziarah nasioanal ke makam pahlawan di pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Dikatakan Nukman, dengan melakukan kegiatan ziarah nasional ke makam pahlawan tersebut, juga untuk mengingatkan kepada penerus bangsa agar tidak melupakan sejarah dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu.

"Sebagai penerus bangsa kita harus bersyukur dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan selalu berpedoman dan meneladani sikap para pahlawan," pungkasnya.

Pada sore hari, dilaksanakan upacara penurunan bendera Merah Putih. Acara berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan khidmat.

Bertindak selaku Inspektur upacara penurunan bendera Merah Putih Kapolres Lampung Barat AKBP Rinaldo Aser, S.H., S.I.K., M.Si.

Usai pelaksanaan upacara, Pj. Bupati Lampung Barat menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari tingkat kecamatan, pekon, hingga tingkat dusun/pemangku yang telah ikut serta memeriahkan peringatan HUT tahun ini.

Di momen hari kemerdekaan, Pj. Bupati Nukman mengajak masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai kerukunan dan kebersamaan. Sebab, kata Nukman, terbentuknya negara Indonesia didasari oleh persatuan seluruh masyarakat yang di dalamnya terdapat perbedaan antar suku, ras, budaya hingga agama.

Namun, dengan perbedaan itu terbentuklah yang dinamakan persatuan Indonesia sesuai dengan sila ketiga dalam butir Pancasila. "Mari kita jaga kerukunan dan kebersamaan demi terciptanya masyarakat yang damai dan sejahtera," pungkasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post