Bawaslu Lakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula di SMK Negeri 1 Kalianda



LAMSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada pemilih pemula di SMK Negeri 1 Kalianda, Selasa (17/9/2024).

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi sekolah menengah atas tentang pentingnya peran serta dalam mengawalan proses pemilihan Umum (pemilu ) yang bersih dan transparan.

Sosialisasi ini diikuti oleh ratusan siswa kelas XI yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu pada Nopember 2024 mendatang.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Bawaslu dalam melibatkan masyarakat, terutama generasi muda, untuk lebih aktif dalam mengawasi jalannya pemilihan umum.

Ketua Bawaslu Lampung Selatan, Wazzaki, SH, menyampaikan bahwa pemilih pemula memiliki peran penting dalam memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik. “Pengawasan partisipatif sangat diperlukan agar tidak terjadi kecurangan dalam pemilu. Kami ingin generasi muda, khususnya pemilih pemula, memiliki kesadaran yang tinggi untuk turut serta mengawasi jalannya pemilu,” ujar Wazzaki.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, para siswa dibekali informasi tentang tahapan-tahapan pemilu, berbagai bentuk pelanggaran pemilu, serta cara melaporkan apabila menemukan pelanggaran.

Selain itu para siswa juga diberikan motivasi untuk menggunakan hak pilih secara bijak dan bertanggung jawab dalam memilih calon pemimpin yang akan memimpin didaerahnya masing masing.

Antusiasme terlihat dari para peserta yang aktif bertanya seputar peran dan tanggung jawab mereka sebagai pemilih pemula. Beberapa siswa mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan baru tentang proses pemilu yang sebelumnya belum mereka pahami.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Bawaslu berharap partisipasi pemilih pemula dalam pemilu 2024 akan semakin meningkat, tidak hanya dalam memberikan suara, tetapi juga dalam mengawasi proses pemilihan yang jujur dan adil serta akuntabel. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post