PDAM Pesawaran Segera Bangun Jaringan di Wilayah Gedong Tataan Timur

Pesawaran - Jaring pelanggan baru, Perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Pesawaran berencana melakukan ekspansi untuk wilayah Gedung Tataan bagian timur, hal itu disampaikan Direktur PDAM Pesawaran, Hery Kurniawan syah di ruang kerjanya.



Hery mengatakan, bahwa salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam pengolahan dan pendistribusian air bersih bagi masyarakat umum di kabupaten Pesawaran saat ini sudah memiliki pelanggan sekitar 7.000 pelanggan yang ada enam Kecamatan di kabupaten Pesawaran.

"Target kita untuk wilayah Gedong tataan timur, mulai dari Kebagusan di karet-karetan itu, ke arah Bandar lampung, kerena di wilayah itu, kami (PDAM) belum dapat berikan pelayanan karena permasalahan jaringan, dan saat ini konsentrasi kami masih untuk pelayanan bagi Pelanggan di Kecamatan gedong Tataan, waylima, kedondong, way khilau, padang cermin dan Punduh pedada"ujarnya, Selasa (13/8/2024)

Untuk permintaan, selain potensi bagi pelanggan baru dari masyarakat umum, ada juga permintaan dari para pengusaha developer untuk jaringan air Perumahan yang hingga kini belum dapat terealisasi, di karenakan belum ada Jaringan Pipa untuk menyalurkan kebutuhan air ke bagi pelanggan.

"Untuk kebutuhan akan air Perumahan sekarang ini memakai sumur bor komunal dari pihak perumahan sendiri. Dan dari pihak perumahan sudah banyak yang meminta kepada kita untuk di layani, namun fasilitas kita yang belum ada, walau sumber dayanya cukup, tapi kendalanya di jaringan, " Ungkapnya.

Untuk merealisasikan hal itu, pihak PDAM Pesawaran pun telah mengajukan pengusulan terkait pembangunan jaringan pipa ke kementerian.

"Potensi besar ya Gedong tataan bagian timur, intinya Kendalanya jaringan, kalau sumber air sudah memadai, Mulai dari intek , jaringan tangkapan air, pipa, pengolahan air, instalasi, water treatment, pengolahan air Yang tadi nya keruh hingga tidak keruh lagi, soal PH nya tinggi jadi standar"terangnya

Kemudian untuk usulan kita ke kementerian melalui pemerintah daerah sudah, Sudah kita usulkan berkali-kali sudah. Usulan dalam bentuk data, mulai dari potensi, sumber air, jaringan,calon pelanggan sudah kita sampai semua,"katanya

"Kini tinggal support dari pemerintah pusat ya, Karena memang biayanya besar. Kondisi keuangan Pemda kan terbatas kita tidak terlalu berharap dari APBD ya, jadi yang mampu disuport oleh APBN atau DAK yang bersumber dari pemerintah pusat" imbuhnya

Di tambahnya, bahwa Pesawaran memiliki potensi pengembangan pelanggan PDAM yang besar. Dari kedua kabupaten, Pringsewu dan Tanggamus,Pesawaran memiliki jumlah pelanggan yang paling banyak. Tidak hanya itu, kwalitas air yang dimiliki kabupaten Pesawaran sangat baik.

"Beda dengan kabupaten lain, contoh pelanggan Tanggamus 4 ribuan. untuk Pringsewu di bawah kita jauh, 4 ribuan sekian. Dan biaya operasional tinggi Pringsewu,jadi air meraka dari way sepagasan, dari waduk,didorong pakai pompa, artinya beban operasionalnya tinggi. Dan Air baku kita berdasarkan uji lap, bagus Tampa di olah"katanya

Dengan banyak potensi dan keunggulan alam yang di miliki kabupaten berjuluk andan jejama ini, sebagai direktur PDAM Pesawaran Hery Kurniawansyah berharap agar kebutuhan masyarakat akan air bisa segara terealisasi,

"Ya mudah-mudahan, itu kita kawal terus, dan itu bukan belasan milyar,di hitung pada waktu itu sekitar 30 milyar lah. Kita berharap dari APBD sangat tidak mungkin, makanya kita berupaya keras ke kementerian", tutupnya. (Dp)

Post a Comment

Previous Post Next Post