Ketua TP-PKK Pesibar Lakukan Penilaian Lomba Pekon SIKOP di Kecamatan Pesisir Selatan

Pesisir Barat - Sebanyak 15 Peratin yang ada di Kecamatan Pesisir Selatan, Pesisir Barat (Pesibar) menghadiri pembukaan lomba Pekon Sikop di Pekon Biha, pada Selasa (13/8/2024).


Pembukaan lomba Pekon SIKOP tersebut dibuka oleh Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Heri Agusnaeni, di Balai Pekon Biha.

Dalam sambutannya, Septi mengatakan administrasi menjadi salah satu kunci dalam mendukung keberhasilan 10 program pokok PKK.

"Dengan administrasi yang tertib, teratur dan sesuai ketentuan. Dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi dan laporan bagi TP-PKK di berbagai tingkatan," ujar Septi Heri Agusnaeni.

Kemudian lanjutnya, lomba Pekon SIKOP merupakan lanjutan dari program TP-PKK tahun 2023 lalu yang merupakan cerminan pelaksanaan 10 program pokok PKK yang mencakup berbagai aspek.

"Baik aspek data, administrasi, kelembagaan, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup," jelasnya.

Maka dari itu, lanjut Septi, lomba Pekon SIKOP bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembinaan pada tahun 2023 lalu, agar dapat mengetahui keberhasilan Pemerintah Pekon dan TP-PKK Pekon dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

"Juga sebagai upaya Pemkab Pesibar dan TP-PKK dalam mengapresiasi serta memberikan penghargaan kepada Pemerintah Pekon dan TP-PKK Pekon," kata Septi.

"Selain melakukan penilaian tentang administrasi, lomba Pekon SIKOP juga bertujuan untuk percepatan penurunan angka stunting di Pesibar," lanjutnya.

Selain itu, lanjut Septi, pada penilaian lomba Pekon SIKOP menghadirkan dua tim yaitu tim penilai yang akan menilaian lomba dan tim evaluasi yang akan mevaluasi atas pembinaan Tahun 2023 lalu.

"Penilaian lomba dilaksanakan dengan obyektif tidak ada intervensi dari siapapun, sehingga menghasilkan juara yang betul-betul sesuai dengan harapan, sehingga tidak ada kecemburuan sosial," tutup Ketua TP-PKK Pesibar.

Dalam kesempatan yang sama, Peratin Pekon Biha Rizkon Al Huda Mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pihak Kecamatan Pesisir Selatan, yang telah memberi kepercayaan sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba Pekon SIKOP tingkat Kabupaten.

Menurut Rizkon, Pekon Biha dari beberapakali penilaian dan pembinaan oleh Kecamatan, secara administrasi pembukuan Pekon Biha cukup baik, sehinga menjadi contoh bagi pekon lain di Kecamatan Pesisir selatan.

Ketika disinggung tentang keyakinan untuk keluar sebagai juara pada lomba Pekon SIKOP tingkat Kabupaten ini, Rizkon mengatakan Pekon Biha yakin mengingat persiapan sudah cukup matang.

"Jika ditanya secara persentase, dari 90-95 persen kita yakin" kata Rizkon dengan penuh semangat. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post