Kadis P3AKB Pesibar Minta FAD Jadi Pelopor dan Pelapor Dalam Melindungi Hak Anak

 


Pesisir Barat - Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, S.Pd., M.M., membuka kegiatan Pembinaan Forum Anak Daerah (FAD) sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) Tahun 2024, di Aula Losmen Sunset Beach Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (20/8/2024). 

Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), dr. Budi Wiyono, M.H., dan diikuti FAD se-Pesibar.


Dalam sambutan Bupati yang diwakili oleh Audi Marpi mengatakan bahwa berdasarkan Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak khususnya Pasal 4 menyatakan setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.


"Atas dasar itu, salah satu bentuk kebijakan pemerintah di bidang partisipasi anak antara lain dengan membentuk FAD yang merupakan wadah penyalur aspirasi, pendapat, dan harapan anak sebagai wujud partisipasi anak dalam proses pembangunan," ungkap Asisten I, Audi Marpi.


Menurut Audi, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendeklarasikan FAD Pesibar agar lebih dikenal, dimanfaatkan, dan dapat dirasakan keberadaannya oleh anak-anak di Pesibar, serta diakui keberadaannya baik oleh pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. 


Sementara dalam Kepala DP3AKB, Budi Wiyono menyampaikan bahwa FAD mempunyai tugas sebagai pelopor dan pelapor dalam hal pemenuhan hak anak dan terhadap pelanggaran hak anak yang terjdi di lingkungan sekitarnya.


"Sebagai pelapor FAD berada di garis depan dalam lingkungannya. Untuk menjadi pelopor agar senantiasa bertindak, berpikir, dan berkata positif, inovatif, dan kreatif dimulai dari diri sendiri, selanjutnya mengajak teman atau orang lain untuk ikut melakukan kebiasaan tersebut," kata Budi. 


Menurut Budi FAD sebagai generasi penerus bangsa merupakan mitra pemerintah. Ditangan anak-anak nasib bangsa Indonesia dimasa depan. Untuk itu ia berharap kepada seluruh OPD/Lembaga masyarakat, dunia usaha, dan individu agar dapat memiliki kepedulian terhadap nasib anak di Pesibar dengan cara berpartisipasi, membimbing dan memfasilitasi disetiap kegiatan yang dilaksanakan oleh FAD. (*) 


Post a Comment

Previous Post Next Post