150 Personel ikuti pelatihan DVI (Disaster Victim Identification) Oleh Biddokkes Polda Lampung.

Biddokkes Polda Lampung gelar pelatihan DVI (Disaster Victim Identification), di kolam renang hotel Novotel, pada Kamis (29/8/2024).


Kegiatan yang dilaksanakan biddokkes itu diikuti oleh 150 peserta, dari seluruh Polres/ta jajaran Polda Lampung.

Tujuan pelatihan yang dilaksanakan Biddokkes Polda Lampung adalah untuk mengidentifikasi mayat, baik itu dari korban tindak pidana, bom, jatuhnya pesawat dan seluruh bencana lainnya.

Saat diwawancarai Kabiddokes Polda Lampung Kombes dr Sudaryono yang diwakili Kasubdit Dokpol Drg Legowo Hamijaya Sp Bm, menjelaskan, latihan ini guna untuk melatih keterampilan serta untuk mengidentifikasi mayat korban.

"Agenda ini agar seluruh anggota DVI jajaran seprovinsi Lampung, refresh kemampuan supaya kalau terjadi bencana massal, diperlukan tim DVI untuk cepat turun, menangani para korban,"katanya.

"Anggota kita bisa dengan sigap melaksanakan tugasnya, untuk diketahui saja Indonesia ini sering terjadi bencana tetapi keakuratan kita untuk mengungkapkan identifikasi itu tertinggi didunia, mencapai 97%-99% yang berhasil diungkap identitas dari mayat tersebut," sambungnya.

"Harapan terselenggaranya pelatihan ini, supaya bila benar terjadi bencana bisa segera tertangani dengan baik, bisa koordinasi dengan instansi lain dengan baik, dan yang paling penting identitas korban bisa segera terungkap, agar diketahui identitas sang korban tersebut. Identifikasi mayat korban sangat diperlukan berkaitan dengan hukum waris, asuransi dan juga kaitan dengan pidana," ungkap AKBP drg. Legowo.

Post a Comment

Previous Post Next Post