Posyandu Tripang Pesibar Masuk Nominasi 3 Besar Terbaik Tingkat Provisi Lampung


Pesisir Barat - Rombongan Tim Penilai Lomba Posyandu Provinsi Lampung hadir di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) guna melakukan penilaian dan evaluasi Posyandu Tripang Puskesmas Krui Selatan, pada Rabu ( 2/7/2024).

Kegiatan berlangsung di Pekon Balai Kencana, Kecamatan Krui Selatan, yang merupakan satu-satunya Posyandu terbaik di Pesisir Barat yang terpilih untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Lampung. 

Dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Pesisir Barat, Septi Heri Agusnaeni, tim penilai lomba Posyandu Provinsi Lampung disambut dengan hangat oleh jajaran Posyandu Tripang Puskesmas Krui Selatan. 

Kepala Puskesmas Krui Selatan Ns. Eka Sapta Saputra, S.Kep mengatakan pada awalnya sejumlah rangkaian kegiatan diikuti 177 Posyandu aktip di Pesisir barat, setelah itu Posyandu Tripang Puskesmas Krui Selatan keluar sebagai juara pertama di tingkat Kabupaten Pesibar. 

Kemudian setelah itu, Posyandu Tripang mewakili Kabupaten Pesibar mengikuti lomba Posyandu terbaik di tingkat Provinsi Lampung. 

Lalu setelah dilakukan penilaian untuk lomba Posyandu terbaik tingkat provinsi lampung, akhirnya Posyandu Tripang masuk nominasi tiga besar dari 15 Kabupaten Kota yang ada di provinsi lampung. 

"Alhamdulillah Posyandu Tripang hari ini akan dilakukan penilaian secara langsung oleh tim penilai dari Provinsi Lampung untuk memperebutkan juara 1,2, dan 3," jelas Eka. 

Dengan adanya penilaian dari tingkat provinsi, Eka berharap kegiatan tersebut dapat mendongkrak posyandu-posyandu yang ada di Pesibar agar dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya sehingga target new zero stunting dapat tercapai. 

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penilaian Lomba Posyandu berpretasi tingkat Provinsi Lampung, Yulianto, SKM.,M.kes menyebut capaian Posyandu Tripang merupakan sesuatu yang luarbiasa karna mampu menyisihkan ribuan Posyandu yang ada di Lampung. 

Dikatakan Yulyanto, pada tahapan perifikasi pihaknya akan menilai inovasi dan prestasi yang sudah diberikan oleh Posyandu Tripang. 

"Yang kita lihat disini sudah luarbiasa, seperti UMKM nya juga berkontribusi dalam menekan angka Stunting," ucapnya. 

Yulyanto berharap Posyandu Tripang dapat menjadi yang terbaik dan dapat mewakili Provinsi Lampung untuk jenjang selanjutnya di tingkat nasional, kemudian selain itu bisa menjadi teladan bagi posyandu-posyandu yang lain di Pesisir Barat. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post