Kapolri Lakukan Mutasi Besar-Besaran: 745 Personel Dipindah, Dan 29 Perwira Tinggi



Jakarta, 26 Juni 2024 - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi besar-besaran terhadap 745 personel Polri, termasuk 29 perwira tinggi (pati) dan 443 perwira menengah (pamen). Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/1236/VI/KEP./2024 hingga ST/1239/VI/KEP./2024 tertanggal 26 Juni 2024.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, mengungkapkan bahwa mutasi ini dilakukan dalam rangka promosi, pensiun, penugasan khusus, dan lainnya.

“Ada dua pejabat utama Polri yang mendapat promosi dan dua kapolda,” kata Dedi di Jakarta, Rabu.

Dua pejabat utama Polri yang mendapatkan promosi tersebut adalah Irjen Pol. Syahardiantono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Propam Polri, kini dipromosikan menjadi Kabaintelkam, menggantikan Komjen Pol. Suntana yang pensiun pada 2 Juni 2024. Posisi Kadiv Propam yang ditinggalkan Syahardiantono akan diisi oleh Irjen Pol. Abdul Karim.

Dua kapolda yang mendapat promosi adalah Brigjen Pol. Suyudi Ario Seto, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya, kini ditunjuk sebagai Kapolda Banten. Sedangkan Brigjen Pol. Whisnu Hermawan Februanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri, kini dipercaya sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Mutasi ini juga memberikan kesempatan bagi polwan untuk menduduki jabatan strategis. Dari total personel yang dimutasi, terdapat 18 polwan yang mendapatkan promosi, yang terdiri dari satu Brigjen Pol., sebelas Kombes Pol., empat AKBP, dan dua kapolres. Hal ini menunjukkan komitmen Polri dalam memberikan kesempatan yang setara bagi personel perempuan untuk berkembang dalam karirnya.

Dedi Prasetyo merinci bahwa mutasi promosi ini melibatkan dua Irjen, 27 Brigjen, 346 Kombes, 97 AKBP mantap, empat kapolres IIB, dan 146 kapolres IIIA2. Selain itu, ada juga mutasi karena pensiun sebanyak 68 personel, penugasan khusus 24 personel, kembali dari penugasan khusus dua personel, demosi enam personel, dan pendidikan satu personel.

“Mutasi ini diharapkan dapat membawa penyegaran dan peningkatan kinerja di lingkungan Polri,” pungkas Dedi.

Post a Comment

Previous Post Next Post