Idul Adha 2024, Pemkot Bandar Lampung Salurkan 90 Ekor Hewan Kurban

Bandar Lampung — Pemerintah Kota Bandar Lampung akan menyalurkan 90 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun 2024. Hewan kurban itu yakni 54 ekor sapi dan 36 ekor kambing.


Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan seluruh hewan kurban itu berasal dari pegawai dan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bandar Lampung.

"Tahun ini Insyaallah kita akan mengurbankan 90 ekor hewan. Jadi nanti setiap kecamatannya dapat hewan kurban," kata Eva Dwiana, Kamis (13/6/2024).

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, Erwin menyampaikan, pihaknya sudah mulai melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban di lapak-lapak yang tersebar pada 20 kecamatan.

Erwin mengaku, pemeriksaan kesehatan dan pengawasan hewan kurban di lapak-lapak penjualan ini guna memastikan sapi atau kambing yang dijual siap potong.

"Sehingga masyarakat yang mengkonsumsi daging kurban ini tidak khawatir, karena sudah di cek keamanan, kesehatan hingga kehalalannya," kata Erwin.

Pemeriksaan hewan kurban dimulai dari usianya. Untuk hewan kambing minimal berumur 1 tahun dan sapi berusia 2 tahun.Petugas Dinas Pertanian juga akan melihat hewan kurban benar-benar sehat tidak murung, bulunya mengkilat, dan hewan tersebut aktif.

"Pemeriksaan kesehatan di lapak-lapak ini kita lakukan h-1 Lebaran. Sedangkan kalau di masjid-masjid hingga hari pemotongan kurban, " tutupnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post