Disbunak Pesawaran Lakukan pengecekan kesehatan Hewan Kurban

PESAWARAN - Menjelang hari raya kurban, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Pesawaran melakukan pengecekan kesehatan hewan jenis kambing dan domba di Kecamatan Gedong Tataan, Rabu (12/06/2024).


Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Pesawaran, Dedy Noviansyah,menjelaskan bahwa kegiatan ini di lakukan Guna memastikan kesehatan hewan ternak, dan di lakukan peninjuan untuk hewan ternak untuk memantau kesehatan hewan ternak yang akan dikurbankan pada hari raya Idul Adha.

"Hewan ternak yang dipantau di beberapa lapak di Kecamatan Gedong Tataan, tidak ditemukan adanya penyakit, dan sampai saat ini kami masih belum menemukan adanya penyakit pada ternak,” katanya.

Kemudian, lanjut Dedy, pihaknya telah memberikan label khusus pada kambing dan domba yang menunjukan kelayakan di lapak milik Maulana.

“Kami sudah melakukan pemantauan hewan ternak sejak lima hari lalu, untuk penyakit yang sedang kami waspadai adalah LSD dan PMK,”jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya akan melakukan pemantauan ini dari sebelum sampai dengan sesudah pemotongan pada Idul Adha.

bekerjasama dengan Balai Veteriner Provinsi lampung, Pada pemantauan kesehatan hewan ternak tersebut, Disbunak pesawaran menerjunkan sebanyak 52 tim di lapangan, yang terdiri dari dokter hewan, paramedik, inseminator dan petugas penyuluh, serta kerjasama dari tiga UPT yang ada di Bumi Andan Jejama untuk memberikan keamanan dan kelayakan untuk hewan ternak yang nantinya dikurbankan.

"Sebagai himbauan, kami mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai lalu lintas hewan kurban dari luar Pesawaran, dan Untuk hewan kurban yang masuk ke Pesawaran diwajibkan untuk dicek surat kesehatan hewannya, apakah layak atau tidak,”tegasnya. (Dp)

Post a Comment

Previous Post Next Post