Coklit Pemilih Pilkada 2024 Dimulai, KPU Lampung Mulai Dari Tokoh Masyarakat



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilkada 2024. Coklit akan dilaksanakan selama satu bulan, dimulai pada tanggal 24 Juni sampai 25 Juli 2024.


Komisi KPU Lampung Antonius Cahyalana mengatakan, coklit hari pertama difokuskan pada tokoh masyarakat atau opinion leader. Hari ini, coklit dimulai dengan Ketua Gerindra Lampung Rahmat Mirzani Djausal dan Ketua Komisi Informasi (KI) Erizal.

"Opinion leader atau tokoh panutan ini diharapkan bisa mengajak masyarakat atau pendukungnya agar mau terbuka ketika petugas coklit datang ke rumah untuk melakukan coklit," kata Antoniyus, Senin (24/6).

Antoniyus melanjutkan, opinion leader yang dicoklit mencakup seluruh segmen masyarakat, mulai dari tokoh politik, masyarakat, pemuda, agama, adat sampai tokoh perempuan.

"Nama-namanya ditentukan oleh KPU kabupaten kota dan waktunya disesuaikan dengan tokoh yang bersangkutan, bisa pagi sampai malam," jelasnya.

Sementara itu, Rahmat Mirzani Djausal mengapresiasi proses KPU untuk melakukan pemutakhiran data pemilih. Juga semangat KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2024.

"Saya harap, masyarakat mau ikut dicoklit, karena itu adalah hak politik yang melekat pada kita, dan ini adalah salah satu bentuk kontribusi kepada negara," kata salah satu bakal calon Gubernur Lampung ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post