Terkait Kasus Korupsi Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, KPK Panggil Ketua PDIP Lampung Sudin



JAKARTA - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, akan diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang menjerat Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pemeriksaan terhadap Sudin rencananya akan berlangsung pada Jumat (10/11/2023) depan di Gedung Merah Putih KPK.
Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, Sudin diperiksa sebagai saksi untuk mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan dua tersangka kasus korupsi di Kementerian Pertanian. "Tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi di hari Jumat (10/11/2023) bertempat di gedung Merah Putih KPK atas nama Sudin (Ketua Komisi IV DPR RI)," kata Ali dikutip Suara.com (jjaringan media Lampungpro.co), pada Rabu (8/10/2023).

Profil Sudin

Sudin adalah Ketua DPD PDIP Lampung sejak 2017 menggantikan Sjachroedin ZP. Pria kelahiran Tanjungkarang, 15 November 1964 bergabung di PDIP sejak 2005. Di 2005, Sudin dipercaya sebagai bendahara PDIP Lampung. Ia juga sempata menjadi Wakil Ketua Bidang Maritim PDIP Lampung pada 2015.

Sudin merupakan lulusan SD Negeri 01 Panjang pada 1979. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Persiapan Panjang lulus 1982. Di jenjang sekolah menengah atas (SMA), Sudin menempuh pendidikan di SMA Utama 2 Tanjungkarang lulus 1985. Ia kemudian kuliah di STIE Pengembangan Bisnis dan Manajemen, Jakarta lulus 2009.

Sebelum terjun ke dunia politik, Sudin dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Bisnisnya bergerak di bidang properti, wisata dan pertambangan.

Ia juga pernah bekerja sebagai Area Manager PT Sungai Budi Jakart, area Manager PT Wiraniaga Langgeng Jakarta, Direktur PT Langgeng Cakra Lestari Jakarta, Direktur PT Gindo Jaya Mitra Abadi Jakarta (1993–1997).

Sudin lalu menjadi Direktur PT Cahaya Dewata Persada, Komisaris PT Gindo Mitra Pratama Jakarta dan
Komisaris PT Gindo Jaya Mitra Abadi Jakarta. Dia lalu terjun ke dunia politik di 2004 dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI.

Namun usahanya saat itu gagal. Baru di 2009, dia berhasil melenggang ke Senayan menjadi pria Tionghoa pertama asal Lampung yang menjadi anggota DPR RI.

Post a Comment

Previous Post Next Post