Dinasti pakubuawana yang melahirkan banyak pejuang nasional dan penyokong besar berdirinya Budi Utomo, Sarikat Islam dan Sarikat Dagang Islam.



Pakubuawana X lahir di November 1866, di usia 3 tahun telah di angkat jadi putra mahkota oleh raja Surakarta pakubuawana IX dan sejak itulah pakubuawana X mulai di berikan pendidikan secara khusus dan di usia 9 tahun di lukis oleh jackob seniman dari Belanda.

Pakubuawana IX wafat pada Maret 1893 dan dua Minggu kemudian pada 30 Maret 1893 pakubuwana X naik tahta mengantikan ayahnya, tanpa ada proses pemilihan oleh rakyat kerajaan Surakarta kala itu.

Pakubuawana jadi raja Surakarta di usia 27 tahun dan berkuasa selama 46 tahun sebagai raja Surakarta.

Pakubuawana X memiliki 39 istri dan dari para istrinya mendapatkan 63 anak . Anak-anak pakubuawana X ini kelak akan jadi pejuang menuju Indonesia merdeka.

Beberapa anak pakubuawana ada masuk militer dengan pangkat terakhir jendral dan ada juga yang berpangkat letnan jendral seperti Letnan Jendral (Purn) PRABOWO SUBIANTO DJOJOHADIKUSUMO yang kini maju sebagai CAPRES RI berpasangan dengan CAWAPRES GIBRAN RAKABUMING RAKA yang berasal dari solo, seperti asal kelahiran dinasti pakubuawana.

Pakubuawana X untuk memperluas pengaruhnya sebagai raja di pulau Jawa , beliau melakukan lawatan kerajaan Surakarta ke; Bali, Lombok, Lampung, dan daerah lainnya.

Pakubuawana juga pemilik mobil Mercedes pertama di Indonesia. Pemerintah kerajaan Belanda juga banyak memberikan gelar kehormatan kepada pakubuawana X.

Kemudian DINASTI di kekinian apakah masih ada di negara kesatuan Republik Indonesia dalam menetapkan pemimpin sebuah daerah seperti raja Surakarta pakubuawana IX menetapkan pakubuawana X jadi raja Surakarta?


Ok gaess...

OjO GOLPUT, OJO MONEY POLITIK, OJO RIBUT.

Post a Comment

Previous Post Next Post