Wabup Lamsel Harap MK Kabulkan Gugatannya Terkait Batas Usia Capres-cawapres




Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma berharap Mahkamah Konstitusi (MK) dapat mengabulkan gugatannya terkait batasan usia Capres-Cawapres minimal 40 tahun, dalam sidang putusannya Senin (16/10) besok.

Gugatan ini didasari oleh pertimbangan akan potensi anak muda seperti Gibran Rakabuming Raka yang diusulkan sebagai cawapres pendamping Prabowo.


Pandu Kesuma menilai bahwa pembatasan usia dalam Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tersebut sangat diskriminatif dan melanggar prinsip kesetaraan yang dijamin oleh konstitusi.

Ia menekankan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam hukum dan pemerintahan, serta berhak memperoleh kesempatan yang setara dalam pemerintahan.

"Dalam Pasal 27 ayat 1 UUD 45, dijelaskan bahwa segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan, dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tersebut tanpa kecuali. Kami yakin bahwa gugatan ini penting untuk memastikan bahwa hak setiap warga negara, termasuk anak muda, dihormati dalam proses pemilihan presiden dan wakil presiden," kata Pandu Kesuma, Minggu (15/10).

Pandu Kesuma mengatakan, belum mempersiapkan rencana alternatif jika putusan MK tidak sesuai dengan harapannya. Mereka akan menunggu keputusan resmi dari MK.

"Sejauh ini prosesnya sedang berjalan dan saya sebagai salah satu penggugat berharap ini diterima sama MK," kata Pandu.

Terkait upaya yang dilakukannya, Pandu mengaku terus melakukan upaya bersama penggugat lainnya.

"Ini kan yang menggugat bukan hanya saya, ada Bupati Padang ada wakil Gubernur Jawa Tengah jadi kami sedang berproses dan sejauh ini sedang berjalan semua upaya-upaya itu," ujarnya.

Disinggung terkait sosok dalam konstelasi politik hingga ia mengajukan gugatan usia terhadap MK, Pandu menjawab melihat sosok Gibran.

"Salah satunya kan ada mas Gibran ya untuk mewakili kaum muda, saya maupun Bupati yang usianya di bawah 40 tahun mengajukan itu untuk jenjang RI 2.

"Selain itu di luar Negri seperti di Amerika mereka tidak membatasi usia untuk calon Presiden," bebernya.

Post a Comment

Previous Post Next Post