Pulau Pisang Bakal Terima Satu Nakes Program Nusantara Sehat Bidang Gizi


Pesisir Barat - Program Nusantara Sehat (NS) dari Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Pesisir Barat Lampung, memiliki peranan strategis dalam membantu pelayanan dibidang kesehatan. Dengan keberadaan program dari Kementerian Kesehatan RI itu, Kabupaten Pesisir Barat kembali mendapatkan Satu tenaga kesehatan guna mensukseskan program tersebut di kabupaten paling ujung barat Provinsi Lampung itu.

Di acara serah terima tenaga kesehatan penugasan khusus berbasis tim dan individu periode III tahun 2023 Kadinkes Pesisir Barat Tedi Zadmiko, S.K.M, S.H, M.M diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Meida Siswati.

Meida Siswati menyampaikan bahwa di acara ini pihaknya mendapatkan tenaga nusantara sehat tahun 2023 sebanyak Satu orang untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan terutama kepada masyarakat di Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), bertempat di Auditorium Dinkes Provinsi Lampung, Jum'at (06/10/2023).

Kabid Yankes dan SDK Dinkes Pesibar itu mengatakan bahwa, tenaga kesehatan tersebut akan ditempatkan di Lokus Puskesmas wilayah DTPK yaitu Puskesmas Pulau Pisang, Kecamatan Pulau Pisang. 

"Program nusantara sehat merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan sejak tahun 2017. Nusantara sehat adalah tenaga kesehatan yang ditugaskan khusus oleh Kemenkes ke daerah terpencil, sangat terpencil dan kepulauan yg terdiri dari 9 jenis tenaga kesehatan. Di kesempatan ini Dinkes Pesibar mendapatkan satu orang tenaga NS yang berprofesi sebagai tenaga gizi," terang Meida.

"Tenaga kesehatan nusantara sehat periode III tahun 2023 ini diserahkan oleh Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes ke Dinkes Provinsi Lampung dan diterima oleh Sekretaris Dinkes Provinsi Lampung Effendi. Kemudian dari Dinkes Provinsi Lampung langsung diserahterimakan kepada kami Dinkes Pesibar untuk ditempatkan di Puskesmas Pulau Pisang selama kurang lebih Dua Tahun masa tugas," lanjut Meida.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko saat dikonfirmasi, mengucapkan selamat datang kepada tenaga kesehatan nusantara yang ditugaskan di Kabupaten Pesisir Barat.

Menurut Kadinkes Pesibar ini, dengan kondisi wilayah Pulau Pisang yang terpisah dengan ibu kota kabupaten, tentu tantangannya berbeda dengan daerah lainnya, untuk itu berharap tenaga kesehatan NS ini siap dan memahami tupoksinya sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima dan optimal pada masyarakat di Kecamatan Pulau Pisang.

"Kami berharap penempatan tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan melalui program nusantara sehat dapat menjadi salah satu solusi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan optimal kepada masyarakat," ungkap Kadinkes.

"Periode sebelumnya Dinkes Pesibar juga telah menerima Satu orang tenaga kesehatan NS yang berprofesi sebagai dokter gigi, yang telah di tempatkan di Puskesmas Bangkunat. Semoga di periode program NS yang akan datang kita bisa dapat kembali tenaga kesehatan NS ini, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di DTPK," harapnya. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post