Dinkes Pesibar Targetkan 74% Desa ODF di Tahun 2023


Pesisir Barat - Dalam rangka pelaksanaan kegiatan percepatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan kegiatan verifikasi ODF Tingkat Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023, Kamis (11/10/2023).

Kegiatan Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Jadi, Desa ODF adalah Desa/Kelurahan yang 100% masyarakatnya telah buang air besar (BAB) di jamban sehat.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan verifikasi ODF untuk memantau masyarakat secara langsung terkait perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan yang semula masih kental dengan buang air besar di sembarangan tempat yang diharapkan mampu 
meningkatkan kualitas sanitasi.

Kepala Dinas Kesehatan Pesibar, Tedi Zadmiko mengatakan Kabupaten pesisir Barat pada tahun 2022 lalu sudah 49% atau 58 pekon dari 116 pekon dan 2 kelurahan yg dinyatakan sebagai pekon ODF. 

Kemudian di tahun 2023 lanjut Tedi, Kabupaten Pesisir Barat menargetkan 32 pekon bisa didorong menjadi pekon yang ODF, sehingga total secara Kabupaten di tahun 2023 menjadi 90 Pekon atau 74% Pekon dinyatakan sebagai Pekon ODF sehingga prevalensi kasus stunting bisa diturunkan. 

"Untuk hari ini kamis tanggal 12 Oktober 2023 pelaksanaan ODF di fokuskan di Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat," ujar Tedi Zadmiko.

Kemudian untuk di Kecamatan Krui Selatan pada tahun 2023 memajukan 4 Pekon yang tersisa dari 10 Pekon yang ada, dengan target bisa dinyatakan sebagai kecamatan ODF. 

Setelah pelaksanaan verifikasi ODF tingkat kabupaten maka akan dilaksanakan verifikasi tingkat Provinsi.

"Pelaksanaan verifikasi tingkat Provinsi dijadwalkan akan dilaksanakan pada minggu terakhir di bulan November 2024," pungkas Kepala Dinas Kesehatan Pesibar Tedi Zadmiko. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post