Anjungan Kabupaten Pesisir Barat Dalam Rangkaian PRL 2023 Sajikan Berbagai Keanekaragaman Adat dan Budaya

 


Pesisir Barat - Memeriahkan Pekan Raya Lampung (PRL) 2023, pesona anjungan Pesisir Barat menyajikan adat dan budaya serta kerajinan khas Pesisir Barat. Setiap malamnya ada pertunjukan kreasi menarik yang ditampilkan. Selain banyak hiburan dan keseruan, di anjungan Kabupaten Pesisir Barat setiap malamnya membagikan hadiah/doorprize yang menarik untuk pengunjung yang beruntung.

Pada malam-malam tertentu ada beragam tampilan tarian khas Pesisir Barat persembahan dari muli meranai (bujang/gadis) Kabupaten Pesisir Barat dan sanggar seni Sai Betik dan hiburan musik Gambus Pesisir, gitar tunggal dan yang pasti setiap malamnya selalu ada hiburan organ tunggal untuk semua tamu dan pengunjung anjungan Kabupaten Pesisir Barat.

Panitia Anjungan juga menyediakan kopi, teh, dan air minum serta snack gratis untuk tamu dan pengunjung yang hadir. Banyak pengunjung yang berdatangan diantaranya anggota Polisi Bandar Lampung, Anggota Militer dan banyak pengunjung lain dari berbagai daerah.

Pada Sabtu malam 14 Oktober 2023, malam Pekan Raya Lampung di anjungan Pesisir Barat di hadiri oleh Sekretaris Daerah Jon Edwar ditemani oleh Ketua Darma Wanita Kabupaten Pesisir Barat L. Liastuti Jon Edwar, serta jajaran. Ramai pengunjung yang selalu datang ke Anjungan Pesisir Barat, pada malam ini Anjungan Pesisir Barat juga ikut mengadakan kompetisi modeling yang diikuti oleh peserta sebanyak 30 peserta dengan berbagai daerah dan beragam umur dari mulai umur Enam tahun hingga 13 tahun.

Dalam kegiatan itu setiap peserta menujukkan bakat yang dimiliki seperti antaranya bakat menyanyi dan menari tari kreasi. Dalam kompetisi ini semua peserta mendapatkan piala dan sertifikat dari Kabupaten Pesisir Barat. Kompetisi ini dilakukan untuk menjadi ajang bagi anak-anak bangsa yang memiliki bakat untuk bisa menjadi motivasi agar bisa terus mengasah bakat yang dimilikinya. Acara kompetisi ini berjalan dengan seru, meriah, dan kondusif serta penuh keceriaan di Anjungan Pesisir Barat.

Selain itu ada juga penampilan Band dari GPRO Band yang menambah kemeriahan di pesona anjungan Pesisir Barat, Serta ada sajian kudapan khas Pesisir Barat yaitu kue serabi yang gurih yang tersaji hangat di anjungan Pesisir Barat. Bagi pegunjung selain bisa mencicipi kudapan khas Pesisir Barat ini juga bisa melhat proses memasak kue serabi, dan lebih spesialnya lagi selalu ada pembagian hadiah/doorprize untuk pengunjung yang beruntung.

Pada tanggal 17 Oktober 2023, kabupaten Pesisir Barat mengikuti acara Talkshow Kepala Daerah yang dalam hal ini Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H diwakili Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Pesibar I Nyoman Setiawan, S.E, M.M menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam Talkshow Kepala Daerah dalam rangkaian Pekan Raya Lampung Tahun 2023, di Pasar Kreatif dan Seni PKOR Way Halim Bandar Lampung.

Kepala Dispar Pesibar menerangkan berbagai potensi wisata unggulan yang terkandung di Pesibar. Mulai dari keindahan Pantai Tanjung Setia, Pantai Mandiri, Pantai Labuhan Jukung, Pantai Pulau Pisang, wisata Gua Matu, sulaman kain tapis Krui, damar mata kucing, dan banyak potensi lainnya.

Pesibar adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung Provinsi Lampung yang memiliki cukup banyak potensi pariwisata, ada wisata bahari, ada wisata alam, wisata religi, termasuk di dalamnya wisata bersemedi.

Nyoman juga merincikan destinasi wisata yang menjadi unggulan Pesibar, ada lima destinasi wisata unggulan, diantaranya Pantai Labuhan Jukung, Pantai Tanjung Setia, Pantai Pulau Pisang, Gua Matu, dan Pantai Mandiri.

Dalam kesempatan itu, Nyoman juga membeberkan gelaran World Surf League (WSL) Krui Pro Qualifying Series (QS) 5000 yang rutin dihelat Pemkab Pesibar setiap tahunnya, dimana lantaran kegiatan tersebut mampu menyedot atlet selancar dari berbagai belahan dunia. Krui Pro menjadi salah satu penarik wisatawan luar ataupun lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Pesibar. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post