Puskesmas Lemong Hadirkan Pelayanan Kesehatan Gratis di Daerah Sulit

 


Pesisir Barat - Dalam rangka memberikan pemerataan pelayanan kesehatan untuk menjamin keberlangsungan kualitas kesehatan masyarakat khususnya di Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat, Puskesmas Lemong melakukan grebek kesehatan daerah sulit dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di daerah yang sulit dijangkau.

Kegiatan Puskesmas Lemong yang difokuskan di Pekon Suka Mulya, Kecamatan Lemong ini menghadirkan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan serta penerapan pola hidup sehat kepada masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puskesmas Lemong Katia Yusnita, S.ST mengatakan dalam kegiatan grebek daerah sulit ini Puskesmas Lemong mengajak masyarakat untuk menerapkan kehidupan yang berkualitas dengan menjaga kesehatan, seperti melakukan olahraga yang cukup, memakan makanan bergizi, meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pencegahan dan penanganan penyakit dan berbagai isu kesehatan strategis lainnya.

Selain itu, sambung Katia, Puskesmas juga menyediakan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk masyarakat Pekon Suka Mulya.

"Pekon Suka Mulya merupakan daerah yang cukup sulit untuk dijangkau, sehingga kegiatan grebek kesehatan daerah sulit ini menjadi momen yang bagus, baik bagi Nakes dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis, serta bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang prima, sesuai dengan tujuan Puskesmas untuk menjaga kesehatan masyarakat dari akar rumput," kata Kapuskes Lemong yang hadir langsung di Pekon Suka Mulya ikut memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan yang melibatkan seluruh stakeholder tingkat kecamatan hingga desa ini diharapkan Katia dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya di Pekon Suka Mulya dan sekitarnya, serta dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian karena masalah kesehatan, lalu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.

Selain itu yang tidak kalah penting, lanjut Kapuskes Lemong, untuk menjaga agar tidak terjadi Stunting yang saat ini masih menjadi isu Nasional, dalam kegiatan itu Tenaga Kesehatan (Nakes) memberikan edukasi dalam menyediakan makanan yang bergizi bagi ibu hamil maupun Balita, dan mengajak masyarakat agar rutin ikut dalam kegiatan Posyandu. 

"Dari semua rangkaian kegiatan yang kita lakukan hari ini baik dari senam bersama, makan buah dan sayur, penyuluhan penyakit, cek laboratorium, hingga pelayanan pengobatan gratis dan layanan kesehatan lainnya dapat menggerakkan kebiasaan masyarakat untuk terus meningkatkan dan menjaga kesehatan agar tercapai hidup yang berkualitas," tutup Katia. (Andrean/Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post