Tingkatkan Pengetahuan Dalam Mengelola Hidup Sehat, UPTD Puskesmas Krui Selatan Gelar Jambore Kader Posyandu


Pesisir Barat - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Krui Selatan Kabupaten Pesisir Barat mengadakan lomba Jambore Kader Posyandu tingkat desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Krui Selatan, Jambore Posyandu tersebut dilaksanakan di aula Puskesmas Krui Selatan dengan melibatkan Puluhan Kader Posyandu dari berbagai desa, Kamis (24/08/2023).

Jambore Kader Posyandu ini bertujuan memberikan penghargaan serta meningkatkan keterampilan, wawasan dan pengetahuan kader dalam penyelenggaraan Posyandu.

Kepala UPTD Puskesmas Krui Selatan, Arif Budiman, S.K.M menyampaikan, bahwa kader posyandu merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran, penimbangan, pencatatan dan melakukan penyuluhan, cipta menu serta penggerakan sasaran Posyandu. Kader Posyandu juga merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan Posyandu.

Menurutnya, keberhasilan Posyandu sebagai informasi dan olah keterampilan bergantung pada kegiatan masyarakat, terutama kadernya. Hal tersebut ditunjang dengan sarana yang digunakan serta kompetensi petugas kesehatan sebagai pengelola program. 

Kegiatan Jambore Kader Posyandu ini sendiri, sambung Arif, dilaksanakan untuk dapat membentuk kader-kader yang unggul dan berkualitas sehingga terselenggaranya kegiatan Posyandu yang baik, serta dalam rangka menciptakan pelayanan Posyandu yang optimal, dan masyarakat dapat benar-benar mendapatkan kepuasan dalam pelayanan.

"Dalam kegiatan Jambore Kader Posyandu ini kita memberikan edukasi kepada kader-kader Posyandu desa terkait kesehatan masyarakat dan juga cara menerapkan pola hidup sehat serta penanganan dan pencegahan stunting, lalu berbagai edukasi kesehatan lainnya," kata Kapuskes Krui Selatan dalam wawancaranya kepada media.

Arif melanjutkan dalam jambore ini Puskesmas Krui Selatan juga menggelar kampanye makan buah dan sayur dengan tujuan untuk membuka wawasan kader terhadap pentingnya menjaga gizi seimbang, selain itu dilakukan juga perlombaan cerdas cermat dan lomba penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan kader sehingga dapat diterapkan pada masyarakat di desa.

"Dengan adanya Jambore ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Kader Posyandu dalam komunikasi antar personal untuk mengajak masyarakat berprilaku positif terhadap kesehatan, menyediakan makanan sehat untuk keluarga, mampu membantu petugas kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan dasar di Posyandu, serta meningkatkan program kesehatan kepada masyarakat," tutup Arif. (Andrean/Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post