Ternyata, Pos Penyediaan Jasa Pemeliharaan Randis Sedot Anggaran Paling Besar



METRO – Ternyata, anggaran pos Penyediaan Jasa Pemeliharaan kendaraan dinas (randis) pada Sekretariat Pemkot Metro menyedot anggaran terbesar dari total anggaran sebesar Rp 1,185 miliaran.

Pasalnya, untuk anggaran Biaya Pemeliharaan Pajak dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan pada Sekretariat Pemkot Metro, tidak sebesar jika kendaraan tersebut milik perorangan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), pajak randis Walikota Metro, yakni Mitsubishi Pajero BE 1 F, dengan spesifikasi Pajero Sport 2.4 L Dakar Ultimate keluaran tahun 2019, jumlah pajak kendaraan bermotor (PKB) yang dibayarkan sekitar Rp 2,4 jutaan per tahun. Jumlah itu tak jauh berbeda dengan randis Wakil Walikota.

Lalu, untuk randis Sekretaris Kota Metro, Toyota Innova Venturer 2.0 A/T keluaran tahun 2017, jumlah PKB yang harus dibayarkan sekitar Rp 1,6 jutaan. Sedangkan, untuk randis Ketua dan Wakil Tim Penggerak PKK, serta jajaran Asisten, jumlah PKB yang dibayarkan per tahun sekitar Rp 1,4 jutaan.

Kemudian, untuk randis jajaran kepala bagian, yang meliputi Kabag Protokol, Kabag Pemerintahan, Kabag Administrasi Pembangunan, Kabag Hukum, Kabag Organisasi, Kabag Umum, Kabag Kesra, Kabag Perekonomian, dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), berupa Daihatsu Terios keluaran tahun 2014, jumlah PKB sekitar Rp 700 ribuan.

Kepala Bagian Umum Setda Kota Metro Maria saat dikonfirmasi membantah bahwa anggaran Biaya Pemeliharaan Pajak dan Perizinan Kendaraan Dinas Operasional atau Lapangan pada Sekretariat Pemkot Metro tidak mencapai Rp 1,2 miliaran melainkan sebesar Rp 1,185 miliaran. “Jadi, anggarannya tidak sampai Rp 1,2 miliar melainkan Rp 1,185 miliar,” kata Maria, Rabu (23/08/2023).

Ia juga mengklarifikasi, bahwa jumlah randis di Setda Kota Metro sebanyak 28 unit roda empat (R-4), 1 unit roda enam (R-6), dan 42 unit sepeda motor. “Untuk randis bukan hanya 20 unit, melainkan 28 unit R-4, 1 unit R-6, dan 42 unit R-2, bukan hanya 20 unit,” ujarnya mengklarifikasi.

Pada bagian lain, ia juga menyatakan, pihaknya sudah bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk penunjukkan rekanan pihak ketiga untuk jasa pemeliharaan randis, sudah tercantum dalam e-katalog. “Mobilitas randis di Pemkot Metro cukup tinggi. Bahkan, randis Walikota kerap untuk tugas luar daerah. Selain itu, pada pos anggaran tersebut juga terdapat anggaran bahan bakar minyak (BBM),” ungkapnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post