Pekon Tanjung Raya Bentuk Kampung Keluarga Berkualitas


Pesisir Barat - Sebagai Komitmen mendukung kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat di desa. Pekon Tanjung Raya, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat membentuk Kampung Keluarga Berkualitas (KB), Kamis (25/08/2023).

Pembentukan Kampung KB ini melibatkan berbagai pihak baik dari jajaran pemerintahan desa, bidan, tenaga kesehatan pekon, Lembaga Himpun Pekon (LHP), hingga masyarakat umum yang tersebar di 4 Pemangku Pekon setempat.

Peratin Pekon Tanjung Raya, Muhiddin mengatakan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) merupakan salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan prioritas program pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana di Lapangan. 

Pada Kampung Keluarga Berkualitas ini, sambung Muhiddin, terdapat Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) dan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) yang merupakan komponen yang melekat dalam keberadaan Kampung KB.

Kampung keluarga berkualitas merupakan salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga secara utuh di lapangan sehingga tercapainya kehidupan keluarga yang mempunyai kualitas.

“Tujuan umum kampung berkualitas adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,” ujarnya.

Melalui kegiatan Launching KB ini, diharapkan mampu meningkatkan komitmen dan kerjasama pihak -pihak terkait dalam optimalisasi pelaksanaan Kampung Keluarga Berkualitas, serta pemanfaatan Rumah Dataku sebagai rujukan penyelesaian berbagai masalah dan isu strategis di tengah warga, sehingga tercapainya kehidupan berkualitas di Pekon Tanjung Raya. (Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post