Muskab Perbakin Tubaba Diduga Kangkangi AD/ART



Tubaba – Musyawarah Kabupaten (Muskab) Perbakin (Persatuan Menembak Indonesia) Kabupaten Tulang Bawang Barat yang dilaksanakan pada Selasa (22/08/2023), terkesan mendadak dan terburu-buru.

Hal ini disampaikan Ketua Jaguar Shootting Club Tubaba, menurutnya Muscab Perbakin Tubaba ini terkesan diburu-buru karena di tingkatan Provinsi saja, SK Kepengurusan Perbakin Provinsi Lampung belum dikeluarkan oleh PB Perbakin dan belum ada pelantikan.

Kejanggalan lainnya, terdapat surat mandat tanpa hak subtitusi kepada Hendro Susanto untuk mewakili Provinsi Lampung dalam Muscab Perbakin Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Ini janggal, SK Kepengurusan belum keluar malah sudah mengeluarkan surat mandat. Parahnya lagi, jika kita berkaca pada AD dan ART Perbakin Tahun 2022, disebutkan bahwa Ketua Terpilih dalam Munas/Musprov/Muskot agar membentuk kepengurusan lengkap dan dilantik dalama kurun waktu 30 hari setelah musyawarah, sedangkan kita tahu, Musprov itu terlaksana pada awal bulan Juni, tepatnya 3 Juni, sudah hampir 3 bulan,” ungkapnya, Rabu (23/08/2023).

Ketua Jaguar Shooting Club Tubaba juga memaparkan, dalam AD/ART Perbakin disebutkan, pada paragraf 7 tentang pengesahan Ketua Umum Pasal 51 dan 52 dan pembahasan tentang sanksi apabila sampai batas 30 hari belum terbentuk kepengurusan lengkap dan belum juga terlaksana pelantikan maka, Ketua terpilih dapat diberhentikan dan di carataker.

“Dari awal ini semua sudah janggal, ditingkat Perbakin Provinsi belum beres secara administrasi yang telah disepakati bersama melalui AD/ART, malah semakin melangkahi AD/ART dengan pelaksanaan Muskab Perbakin Tubaba,” jelasnya.

“Kami dari Jaguar Shootting Club Tubaba telah berkoodinasi dengan Jaguar Shootting Club Provinsi, dan memang diminta untuk menunggu kejelasan kepengurusan di tingkat Provinsi, ini malah sudah ada Muskab di Kabupaten, Lampung Timur dan Tubaba,” jelasnya.

Ketua Jaguar Shootting Club Tubaba ini mengaku hadir pada agenda Muskab, karena ada undangan, namun tidak menyangka dibuat buru-buru seperti ini.

Berdasarkan keterangannya, Muskab tersebut dihadiri perwakilan dari Perbakin Provinsi Lampung, dengan membawa surat mandat hak substitusi dari ketua Perbakin Provinsi Toto Jumariono S.S,..M.I.Kom untuk Hendro Susanto.

Dalam agenda tersebut juga Bambang Gunawan secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Perbakin Kabupaten Tubaba. Acara berlangsung di kediaman Ibrahim SH.M.Pd di Tiyuh kibang Budi Jaya, Kecamatan Lembu Kibang, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Sebelumnya telah ada pembentukan Perbakin Tubaba yang sudah dibatalkan dengan surat keputusan nomor : 036/SKEP/III/2023/P3L tentang pembatalan surat keputusan pendirian Pengkab Perbakin Provinsi Lampung. 9 Pengkab yang dibatalkan dan Pengkab Tubaba pada nomor urut 7. Surat pembatalan tersebut di keluarkan di Bandar Lampung tanggal 2 Maret 2022 ditandatangani oleh ketua Ir.H.Irham Jafar Lan Putra MH,” ujarnya.

Sementara, saat dikonfirmasi Panitia Persiapan Perbakin Tubaba Iska Ilham yang juga Ketua Siger Shootting Club (SSC) Kabupaten Tulang Bawang Barat, mengatakan, dikegiatan ini ia selaku Ketua Panitia Musyawarah Cabang (MUSCAB).

“Untuk yang terpilih sebagai Ketua itu Bambang, Bendahara Widodo dan Sekertaris Iska,” jelasnya singkat.

Untuk keperluan kelengkapan kepengurusan lainnya nanti setelah pihaknya dapat kiriman minimal 2 nama lagi dari masing-masing club.

“Dari masing-masing club untuk mengusulkan 2 nama untuk membentuk team Formatur untuk diletakkan dimana beliau ini,” pungkasnya. (*)


Post a Comment

Previous Post Next Post