Exit Conference Survei Akreditasi Puskesmas Bengkunat Belimbing


Pesisir Barat - Exit conference survei akreditasi Puskesmas Bengkunat Belimbing dilaksanakan di Aula Puskesmas Bengkunat Belimbing, Rabu (24/08/23). Hal ini sebagai tanda berakhirnya survei akreditasi Puskesmas Bengkunat Belimbing yang telah dilaksanakan selama 3 hari. 

Dalam exit conference, hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko beserta jajarannya. Tedi menyampaikan harapannya agar UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing dapat Akreditasi yang Paripurna, dan dengan adanya akreditasi Puskesmas Bengkunat Belimbing dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan mengutamakan mutu dan keselamatan pasien serta tenaga kesehatan. 

Sehingga, sambung Tedi, masyarakat khususnya yang berada di Kecamatan Bangkunat ini dapat merasakan pelayanan Puskesmas yang optimal, baik yang bersifat rawat jalan, rawat inap maupun pelayanan luar gedung.

"Kami dari jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat di tahun 2023 ini memiliki target 11 (sebelas) Puskesmas dan satu Rumah Sakit dapat melaksanakan akreditasi, kami berharap seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit yang ada di Pesibar dapat meningkatkan Akreditasinya di tahun ini," terang Tedi.

Sementara itu surveyor dari LAFKESPRI (Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer) dr. Aidi dalam sambutannya mengungkapkan apresiasinya pada UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing.

dr. Aidi mengungkapkan bahwa secara keseluruhan program-program yang ada di Puskesmas Bengkunat Belimbing sudah berjalan dengan baik dan menerapkan standar yang baik, hanya saja ada beberapa kekurangan yang masih dalam tahap wajar dan dapat diperbaiki sesegera mungkin.

"Penilaian Akreditasi di Puskesmas Bengkunat Belimbing ini terdiri atas 5 bab, setiap bab akan diuraikan dalam standar, tiap standar akan diuraikan dalam kriteria, tiap kriteria diuraikan dalam EP untuk menilai pencapaian kriteria tersebut. Penjelasan dari setiap EP tercantum dalam Standar Akreditasi Puskesmas, Dan untuk hasil Akreditasinya akan keluar setelah Dua atau Tiga bulan ke depan," ungkap dr. Aidi. 

Sedangkan Kepala UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing Septono menyampaikan banyak terimakasih atas kerja keras semua karyawan Puskesmas dalam mempersiapkan akreditasi, ucapan terimakasih disampaikan juga kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir dan juga kepada tim surveyor atas masukan, arahan, dan bimbingannya dengan harapan besar Puskesmas Bengkunat Belimbing bisa lulus tingkat paripurna. (Andrean/Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post