Dari Wagub, Mantan Legislator, Mantan Kepala Daerah hingga Ketua Partai Masuk DCS DPR Dapil Lampung



Bandar Lampung -- KPU RI dan KPU Provinsi Lampung hingga KPU di 15 kabupaten/kota telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif untuk Pemilu 2024.

Tentunya para petahana kembali maju sebagai calon DPR RI baik dari daerah pemilhan (Dapil) Lampung I maupun dapil Lampung II. Kemudian beberapa nama baru pun muncul, baik pendatang baru, anggota DPD RI, anggota DPRD yang mencoba naik tingkat, mantan anggota DPRD, bahkan kepala daerah aktif yang maju sebagai caleg.

Salah satunya, Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim alias Nunik ternyata maju sebagai caleg DPR RI pada Pemilu 2024 mendatang. Dalam pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) yang dipublikasikan KPU RI, Nunik maju di dapil Lampung II pada nomor urut pertama.

Kemudian anggota DPRD Provinsi Lampung yang terdaftar sebagai caleg nomor urut 2 di dapil Lampung I DPR RI asal Gerindra yakni Pattimura.

Lalu ada nama mantan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, mantan Bupati Lampung Utara Zainal Abidin, mantan Anggota DPD RI Anang Prihantoro dan juga anggota DPRD Lampung Yose Rizal, mereka maju di dapil Lampung II DPR RI.

Lalu di Partai Golkar muncul nama-nama baru tetapi merupakan sosok politikus senior di Lampung. Seperti mantan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza, mantan Ketua Golkar Lampung M. Alzier Dianis Thabranie, mantan Bupati Lampung Selatan Wendy Melfa, hingga mantan Anggota DPD RI Andi Surya, mereka terdaftar di dapil Lampung I caleg DPR RI dari Partai Golkar.

Selanjutnya, ada anak kandung Ketua DPW NasDem Lampung Herman HN yakni Rahmawati Herdian, yang maju di dapil Lampung I DPR RI. Kemudian ada istri mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa, mantan Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal, dan juga mantan Danrem 043 Garuda Hitam Lampung Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi, serta mantan anggota DPRD Lampung K. Agus Revoulsi, mereka maju di dapil Lampung II DPR RI.

Kemudian ada mantan anggota DPRD Lampung dari PKS yakni Hantoni Hasan yang maju di dapil Lampung I. Lalu Ketua DPTW PKS Lampung yang juga mantan anggota DPRD Lampung Ahmad Mufti Salim yang maju di dapil Lampung II DPR RI.

Selanjutnya nama-nama baru juga muncul, yakni Darusallam, lawyer senior Gunawan Raka, anak kandung Ketua Umum PAN yakni Putri Zulkifli Hasan, serta mantan Wakil Walikota Bandar Lampung Tobroni Harun, mereka maju di dapil Lampung I. Lalu ada lawyer muda Ahmad Handoko, hingga Ketua DPW PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra yang maju di dapil Lampung II.

Kemudian nama-nama baru juga muncul di Partai Demokrat, yakni mantan Anggota DPRD Lampung Imer Darius yang kembali maju di dapil Lampung I DPR RI. Lalu ada mantan Kapolda Lampung Irjen Pol (Purn) Ike Edwin, vokalis Kangen Band Mahesa Andika Setiawan. Selanjutnya ada Ketua DPD Demokrat Lampung Edy Irawan Arief, pelatih sepakbola nasional Rahmad Darmawan, mereka maju di dapil Lampung II DPR.

Lalu ada Ketua DPW PPP Lampung yang juga anggota DPRD Lampung Supriyanto, yang maju di dapil Lampung I DPR RI. Kemudian ada mantan anggota DPRD Lampung Angga Jevi Surya yang maju dari PPP dapil Lampung II DPR RI.

Kemudian di Partai Perindo ada Ketua DPW Perindo Lampung Brigjen TNI (Purn) Toto Jumariono yang juga mantan Danrem 043 Garuda Hitam Lampung, ia maju di dapil Lampung I DPR RI. Lalu ada mantan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan mantan anggota DPRD Lampung Yandri Nazir.

Dari DCS yang dipublikasikan oleh KPU RI, total ada 270 caleg DPR RI asal Lampung. Rinciannya, 170 caleg dari dapil Lampung I dan 100 caleg dari dapil Lampung II.

Post a Comment

Previous Post Next Post