Dampak Positif Sistem Zonasi, Jumlah Siswa Baru SMA Negeri 1 Karya Penggawa Meningkat Pesat

 


Pesisir Barat - Jumlah siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Karya Penggawa, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) meningkat pesat pada tahun ajaran 2023-2024.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Karya Penggawa, Zayyani Kontesa mengaku meningkatnya jumlah siswa akibat adanya peraturan zonasi pada penerimaan siswa didik baru.

Dikatakan Zayyani, dewan guru beserta jajaran SMA Negeri 1 Karya Penggawa telah menjelaskan tentang aturan sistem zonasi yang memiliki ruang lingkup tentang penerimaan peserta didik baru ke sekolah-sekolah induk.

Selain itu, guna meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Karya Penggawa, pihak sekolah juga memberikan kesempatan besar bagi siswa yang kurang mampu di jalur Afirmasi dengan memberikan berbagai bantuan.

"Banyak siswa yang tertarik untuk tetap melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 1 Karya Penggawa hingga mengalami peningkatan,"ujar Zayyani Kontesa, Jumat (4/8/2023).

Akibat adanya penekanan sistem zonasi jumlah siswa SMA Negeri 1 Karya Penggawa meningkat pesat hingga mencapai 90% lebih pada tahun ajaran 2023-2024, yang biasanya hanya mendapatkan belasan siswa hasil PPDB.

"Pada tahun lalu kita hanya mendapatkan 15 siswa baru, sementara di tahun ajaran 2023-2024 jumlahnya mencapai 120 siswa baru," jelas Zayyani.

Zayyani melanjutkan selain akibat program zonasi dan afirmasi, meningkat pesatnya jumlah siswa yang ingin melanjutkan sekolah juga disebabkan masifnya sosialisasi oleh pihak sekolah terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Karya Penggawa.

Dengan meningkatnya jumlah siswa baru di SMA Karya Penggawa, Zayyani mengaku tenaga pengajar masih terbatas sehingga para guru kewalahan untuk memenuhi jam pelajaran siswa.

Zayyani berharap adanya penambahan jumlah guru untuk memenuhi jam belajar siswa serta peningkatan fasilitas gedung SMA Karya Penggawa.

"Selain kekurangan guru gedung di sekolah ini juga sudah tua," pungkasnya.(Andrean/Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post