Puskesmas Pugung Tampak Ajak Kader Posyandu Meningkatkan Pelayanan Melalui Jambore Kader Posyandu

 


Pesisir Barat - Posyandu memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membangun sumber daya manusia untuk masa depan yang berkualitas. 

Peran Posyandu yang dapat menjadi sarana multifungsi akan terus diupayakan pemerintah untuk terus ditingkatkan karena Posyandu yang baik akan menjadi pilar kemajuan masyarakat yang baik pula.

Untuk menerapkan tiga fungsi Puskesmas satu diantaranya pemberdayaan masyarakat melalui kader Posyandu, dengan konsep pemahaman masyarakat yang mengarah ke paradigma sehat di Puskesmas, yang mana peran Puskesmas tidak hanya untuk berobat saja. 

Melainkan, untuk berbagai kegiatan yang diantaranya konsultasi mengenai gizi, sanitasi, kesehatan reproduksi remaja hingga untuk kegiatan lomba jambore kader posyandu, seperti di UPTD Puskesmas Pugung Tampak, Kecamatan Pesisir Utara, yang mengadakan Jambore Kader Posyandu Puskesmas Pugung Tampak, Kamis (27/07/2023).

dr. Eka Ririn Marantika Kepala UPTD Puskesmas Pugung Tampak ketika dikonfirmasi disela-sela lomba mengatakan, lomba jambore kader posyandu ini diikuti sekitar 14 peserta perwakilan kader dari masing-masing posyandu yang ada di Kecamatan Pesisir Utara.

dr. Ririn menambahkan, kegiatan jambore kader Posyandu seperti ini kedepannya akan diadakan rutin setiap tahunnya agar kader-kader Posyandu semakin berperan aktif dalam menjalankan tugasnya sebagai kader posyandu.

"Adapun salah satu tujuannya diadakannya jambore kader Posyandu ini adalah agar para kader Posyandu dapat berperan aktif mensukseskan program nasional penanganan dan pencegahan stunting," ujar dr. Ririn.

"Harapannya kader-kader posyandu di Kecamatan Pesisir Utara lebih semangat dalam menjalankan tugasnya, kemudian mengerti dan lebih paham sebagai kader Posyandu," lanjutnya.

Acara Jambore Kader Posyandu ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja para Kader Posyandu, memberikan motivasi serta meningkatkan keterampilan para Kader Posyandu.

Terdapat dua lomba yang diadakan dalam jambore hari ini, yaitu lomba pembuatan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk balita dan ibu hamil dan Lomba Cepat Tepat (LCT) antar kader Posyandu. 

Dengan diadakannya jambore kader Posyandu yang di hadiri oleh Camat Pesisir Utara, Ketua Tim PKK Pesisir Utara, Penyuluh KB, Kapolsek Pesisir Utara dan 14 kader Posyandu ini diharapakan kedepannya adalah agar para kader bisa bekerja maksimal untuk mengedukasi masyarakat tentang stunting, kehamilan, pernikahan dini dan pemenuhan gizi melalui berbagai pendekatan, supaya dalam upaya pencegahan stunting berkualitas dan memiliki kapabilitas yang baik. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post