Beredar Tanda Tangan Palsu Ijazah Paket A, B dan C Di Laporkan ke Polisi

Miris, puluhan Ijazah Paket A, B dan C Siswa Lembaga PKBM Cinta Kasih Kecamatan Merbau Mataram Tahun Ajaran (TA) 2021 - 2022 terindikasi menggunakan tanda tangan 'Palsu' Ketua Lembaga.


Hal tersebut tersebut seperti yang dikatakan oleh Ketua Lembaga PKBM Cinta Kasih Rudy Satrimanto Ginting. SE.,MM, pada Sabtu, (15/7/2023).

Menurut Rudy masalah tersebut sudah dibicarakan oleh dirinya di Polres Lampung Selatan pada tanggal 15 Desember 2022 bersamaan dengan dirinya melaporkan persoalan tanda tangan dirinya yang dipalsukan untuk pencairan Dana BOP Lembaga PKBM Cinta Kasih tahap ke II di salah satu Bank Pemerintah Cabang Natar.

"Persoalan ini juga sudah saya bicarakan di Polres Lampung Selatan saat saya membuat Pelaporan dugaan pemalsuan tanda tangan saya yang di gunakan untuk pencairan Dana BOP PKBM Cinta Kasih tahap II, tapi kata pihak kepolisian yang bisa melaporkan itu yang memiliki ijazah tersebut, " terang Rudy.

Namun, kata Rudy, sejauh ini pihak Dinas Pendidikan Lampung Selatan khususnya Kasi Kesetaraan yang menangani Lembaga PKBM tidak ada tanggapan serius terkait tanda tangan dirinya yang dipalsukan pada 58 Ijazah Lembaga PKBM Cinta Kasih tahun pembelajaran 2021 - 2022.

"Ini kan masalah besar, saya sudah laporkan ke Dinas Pendidikan melalui Kasi Kesetaraan dan sudah mengetahui kalau tanda tangan saya dipalsukan dalam Ijazah PKBM Cinta Kasih. Karena saya yang menyampaikan langsung persoalan ini ke Kasi Kesetaraan, tapi sampai sekarang hanya diam, " ujarnya.

Rudy menjelaskan, untuk siswa PKBM Cinta Kasih yang lulus Tahun Ajaran (TA) 2021 - 2022 itu sebanyak 58 siswa yang terdiri dari 4 siswa (ijazah) Paket A, 8 siswa (Ijazah) Paket B dan 46 siswa (Ijazah) Paket C. Sebagai Ketua Lembaga PKBM Cinta Kasih dirinya tidak pernah merasa tanda tangan pada Ijazah tersebut.

"Saya sebagai Ketua Lembaga PKBM Cinta Kasih Kecamatan Merbau Mataram tidak pernah merasa tanda tangan untuk 58 Ijazah siswa lulusan Tahun Ajaran 2021 - 2022, " jelasnya.

Sementara, Kasi Kesetaraan Dinas Pendidikan Lampung Selatan, A. Robani kepada Bongkar Post belum lama ini mengatakan bahwa untuk saat sekarang ini terkait ijazah Lembaga PKBM untuk tanda tangan Ijazah itu langsung ketua lembaga yang bersangkutan.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya memang tanda tangan Ijazah PKBM itu kita Dinas yang menanganinya. Tetapi untuk saat ini terkait tanda tangan Ijazah PKBM itu langsung ketua Lembaga PKBM, " jelas Robani belum lama ini. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post