Dinkes Pesibar Tingkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Dokter Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di FKTP


Pesisir Barat - Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) baik di FKTP milik pemerintah (Puskesmas) maupun FKTP swasta (Klinik Pratama, Praktek Mandiri Dokter atau Praktek Mandiri Dokter Gigi), BPJS Kesehatan cabang Kotabumi yang di fasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat mengadakan kegiatan Mentoring Dokter Spesialis dengan tema "Penanganan Komplikasi Diabetes Melitus dan Hipertensi bagi FKTP". Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula STIT Al-Multazam Pekon Rawas, Selasa (06/06/2023) dan diikuti oleh Dokter FKTP se-Kabupaten Pesisir Barat yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko, S.K.M, S.H, M.M, menyampaikan bahwa melalui program mentoring dokter spesialis yang di fasilitasi Dinkes Pesibar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan di FKTP. Agar FKTP bukan hanya berperan kuratif (pengobatan) saja, akan tetapi bagaimana masyarakat dapat menjaga kesehatannya melalui fungsi promotif dan preventif baik dalam gedung maupun diluar gedung.

"Dengan adanya kegiatan ini kami berharap agar seluruh dokter yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat lebih profesional, berlaku adil kepada pasien. Baik pasien yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan maupun yang tidak ditanggung, sehingga pasien dan keluarganya dapat merasa puas atas layanan yang diberikan," terang Tedi Zadmiko.

Tedi menghimbau agar seluruh FKTP yang belum registrasi agar segera melakukan registrasi secara online melalui link registrasifasyankes.kesmas.go.id. Saat ini FKTP yang teregistrasi baru 11 (Sebelas) Puskesmas dan 3 Klinik, sedangkan praktek mandiri dokter belum ada yang teregistrasi.

"Bagi yang telah teregister agar segera mempersiapkan diri untuk akreditasi, karena akreditasi bukan hanya menjadi syarat untuk melanjutkan kerjasama tapi lebih kepada menjaga mutu pelayanan kesehatan secara berkelanjutan," lanjut Tedi. 

Menurutnya, kegiatan ini salah satu langkah tepat bagi BPJS Kesehatan untuk menambah ilmu kepada para Dokter dan tenaga kesehatan di FKTP karna pengetahuan tenaga-tenaga kesehatan juga harus update.

“Kesempatan ini juga kita mengundang dokter Muhammad Shiddiq sebagai narasumber dari kegiatan ini,”ujar Kadinkes Pesibar itu.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Kabid Yankes Dinkes Pesibar, Ketua IDI Kabupaten Pesisir Barat dan Dokter FKTP Se-Kabupaten Pesisir Barat. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post