Pemkab Pesibar Jaga Kelestarian Budaya Melalui Pekan Kebudayaan Daerah

 


Pesisir Barat - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Barat Menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) dengan tema 'Menjaga Tradisi Sai Wat di Pesisir Barat' (Menjaga tradisi yang ada di Kabupaten Pesisir Barat) bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Selalaw Labuhan Jukung Krui, Selasa (30/05/2023).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat Drs. Jon Edwar, M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan pekan kebudayaan daerah ini digelar demi menjaga tradisi yang ada di Negeri yang berjuluk Para Sai Batin dan Ulama itu, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memicu ketertarikan generasi muda untuk melestarikan budaya daerah sekaligus memperkenalkan budaya Pesisir Barat kepada masyarakat baik lokal maupun dari luar daerah.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini mampu mendorong kelestarian budaya, apalagi ditengah modernisasi saat ini yang mana budaya yang merupakan ciri khas suatu daerah kerap tersisihkan, untuk melestarikannya juga sangat diperlukan peran serta semua pihak, baik tokoh adat, tokoh masyarakat, kepala desa hingga pemerintah itu sendiri, untuk itu kita harus bersama-sama menjaga kelestarian budaya ini agar tidak habis dimakan waktu," kata Jon.

Lanjutnya diharapkan kegiatan ini dapat berkesinambungan dan menggali kembali kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, karena budaya di Pesisir Barat sendiri merupakan suatu perekat yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat, sehingga untuk menjaga itu diperlukan adanya suatu 'gebrakan' dengan intens menggelar kegiatan-kegiatan kebudayaan sehingga budaya di kabupaten termuda di Lampung ini tetap lestari.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Septi Istiqlal sangat mendukung dengan digelarnya PKD. “Pemerintah sangat menyambut positif, artinya momen ini sangat dinanti-nantikan karena sangat penting, terutama bagi pemuda-pemudi mengenang seni budaya untuk dilestarikan,” ungkapnya.

"Apresiasi juga saya sampaikan kepada siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang telah antusias dengan semangatnya dalam mengikuti kegiatan ini, dan semangat ini akan dapat ditularkan kepada seluruh lapisan masyarakat dan satuan pendidikan kita agar upaya pengembangan adat, budaya, dan tradisi di Kabupaten Pesisir Barat ini menjadi maksimal", ujar Septi Istiqlal.

Dalam kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) ini terdapat Lima ketagori yang diperlombakan antara lain, lomba Hadra tingkat SMP, lomba lari batok kelapa tingkat SD ,lomba melukis tingkat SD, lomba fashion show nyuncun pahar tingkat umum, lomba berbalas pantun tingkat umum. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post