Satu Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Lampung, Pasien Dirawat di RSUDAM

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung lewat akun instagramnya secara resmi mengumumkan, telah ditemukan satu kasus gagal ginjal akut progresif atipikal pada anak di Provinsi Lampung.



"Berkenaan dengan adanya peningkatan kasus gagal ginjal akut atau mayoritas terjadi pada anak balita, yang terjadi di Indonesia. Pada hari ini (Jumat, 21 Oktober 2022) di Provinsi Lampung telah ditemukan 1 orang anak yang Berusia 11 bulan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana dikutip Sabtu (22/10).

Reihana melanjutkan, anak tersebut berasal dari kota Bandar Lampung dan sedang dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM).

Reihana melanjutkan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan epidemiologi, pengambilan spesimen darah, tes usap nasofaring dan pemeriksaan obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien

Selain itu, Kadiskes juga mengimbau kepada masyarakat diminta untuk tetap waspada, dan memperhatikan kondisi anak ataupun balita.

"Jika ditemukan anak di bawah usia 18 tahun memiliki gejala mengarah ke gagal ginjal pada anak seperti kekurangan urine maka segera melaporkan kejadian tersebut kepada petugas," katanya.

Juga, jika ada gejala klinis mengarah ke gagal ginjal akut, segera bawa anak atau balita ke fasilitas pelayanan terdekat untuk segera mendapatkan perawatan.

"Masyarakat diharapkan tetap tenang dan jangan panik namun perhatikan asupan gizi dan kesehatan anak sedetail mungkin," pungkasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post